Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Menghindari Risiko Glukoma

 

Glukoma adalah satu dari banyaknya penyakit yang menyerang fungsi mata. Parahnya, penyakit ini jika tak segera ditangani, akan bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Kerusakan indera penglihatan karena penyakit ini sama sekali tak bisa disembuhkan lagi. Agar bisa terhindar dari risiko penyakit yang menyerang saraf mata ini, lakukanlah 5 hal berikut ini.

  1. Rutin Berolahraga Setiap Harinya

Olahraga memang merupakan kegiatan yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan, khususnya kesehatan mata. Dengan berolahraga setiap harinya, baik yang ringan sekali pun, bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko terjadinya tekanan pada mata. Seperti yang Anda ketahui, tekanan pada mata merupakan penyebab utama penyakit ini yang bisa menyebabkan kebutaan.

  1. Gunakan Pelindung Mata

Tahukah Anda bahwa cedera serius yang mengenai mata bisa menjadi pemicu rusaknya saraf mata dan dapat berujung pada kebutaan? Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan pelindung mata, misalnya seperti kacamata. Cedera pada mata tak hanya bisa terjadi karena kontak dengan benda tajam saja. Mata bisa mengalami cedera seperti saat Anda bermain tenis dan bolanya mengenai mata.

  1. Rutin Menggunakan Obat Tetes Mata

Saat dokter menemukan bahwa adanya tekanan yang terjadi pada mata Anda, maka biasanya ia akan meresepkan obat tetes mata untuk Anda. Obat tetes mata ini sangat berguna untuk mengurangi risiko semakin meningkatnya tekanan pada mata tersebut. Walau belum terlihat gejala penyakit ini yang muncul, tetaplah gunakan obat tetes mata tersebut sesuai dengan resep dokter.

  1. Lakukan Pemeriksaan Mata Sedini Mungkin

Melakukan pemeriksaan mata merupakan salah satu cara yang paling jitu untuk mendeteksi apakah ada tekanan yang terjadi pada bola mata Anda. Saat pemeriksaan ini, dokter juga akan melihat apakah ada saraf mata yang mengalami kerusakan, serta mengetes masih berfungsi atau tidaknya penglihatan dari sudut mata.

Pemeriksaan mata harus dilakukan dengan rutin. Bagi yang berumur 40 tahun ke bawah, lakukan pemeriksaan setiap 5 hingga 10 tahun. Bagi yang berumur 40 hingga 54 tahun, lakukan pemeriksaan setiap 2 hingga 4 tahun. Jika berumur 55 hingga 64 tahun, lakukan pemeriksaan setiap 1 hingga 3 tahun. Terakhir, jika lebih dari 65 tahun, lakukan pemeriksaan setiap 1 hingga 2 tahun.

  1. Cari Tahu Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Penyakit ini erat kaitannya dengan garis keturunan. Jika dalam riwayat keluarga Anda ada yang sudah mengalaminya maka Anda pun sangat berisiko mengidap penyakit ini pula. Pemeriksaan rutin atas tekanan mata Anda sangat disarankan, untuk menghindari risiko paling buruk dari penyakit ini yaitu hilangnya penglihatan.

Itulah tadi 5 hal yang sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan, agar terhindar dari risiko buruk yang ditimbulkan oleh penyakit glukoma. Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin, ada atau tidaknya penyakit ini akan bisa dideteksi. Jikalau pun ada, pengobatan bisa dilakukan secepat mungkin agar kondisinya kerusakan mata tak makin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *